Tuesday, April 12, 2016

Menanam jambu batu dipekarangan rumah

Tampa disadari tanaman jambu biji sangat besar mamfaatnya bagi manusia, sehingga banyak orang menanamnya disekitar pekarangan rumah baik melalui okulasi maupun bibit langsung dari biji. Namun dewasa ini tanaman jambu biji atau jambu klutuk bisa juga dikembang biakkan dengan dahan atau tangkai secara langsung.
Perkembang biakan dengan okulasi yang paling ideal kalau kita mau menanamnya dipekarangan rumah, karena perkembang biakan jenis okulasi selain bisa ditanam langsung ditanah juga bisa ditanam dipot karena tanamannya kecil dan tidak butuh waktu lama untuk berbuah. Selain mudah dirawat juga bisah dipanen buahnya seketika apabilah dibutuhkan, perawatan jambu batu cukup sederhana karena hamanya kurang. Tanaman jambu biji setiap musim pada umumnya mempunyai buah yang lebat, dan jenis tanaman ini kadang musim buahnya tidak terputusterputus.
Jambu batu yang memasuki musim buah perlu kita melakukan penyortiran buah, idealnya dalam satu tangkai cabang hanya 1.  -    2 biji buah. Tanaman jambu biji harus sesering mungkin dirawat bagian pangkal pohon termasuk penggemburan tanah diakar dan sesekali diberi pupu kompos, karena tanaman jambu biji saat berbuah membutuhkan banyak nutrisi.
Tanaman jambu biji sedang berbuah
Kasiat buah jambu biji cukup banyak ;  
1.   Kandungan vitamin C ternyata cukup tinggi, baik dikonsumsi bagi orang yang tabuhnya        sangat membutuhkan vitamin C.
2.   Bagi orang yang terkena gejala malaria, buah jambu biji sangat membantu sebagai                pertolongan pertama.
3.   Buah jambu biji bisa juga jadi minuman segar.

Cara perawatan jambu biji ;
1.   Pembersihan rumput disekitar tanaman jambu biji
2.   Penyemprotan anti hama ketanaman selagi buahnya masih kecil, supaya terhindar dari hama.
3.   Media pot yang ditanami jambu agar terkena sinar matahai langsung.

No comments:

Post a Comment