Monday, March 14, 2016

Menanam kacang tanah di pekarangan rumah

Untuk menanam kacang tanah tidak selamanya memerlukan lahan yang luas, kalau hanya kebutuhan konsumsi keluarga, cukup lahan kosong yang tersedia dipekarangan. Jenis tanaman hampir sama dengan tanaman umbi - umbian berbuahnya dalam tanah! sehingga tanah yang diperuntukkan untuk lahan tanam harus benar - benar gembur agar tanaman ini dapat dengan mudah berkembang akarnya dan ujung akar bebas menembus lapisan tanah.

Tanaman kacang tanah
Karena jenis tanaman ini sangat cocok dengan tanah yang berpasir maka kita bisa mengganti pasir dengan sekang padi yang habis dibakar kalau tanah tersebut sangat padat dan tidak mengandung pasir, kemudian dicampur dengan pupuk kandang agar tanah bisa lebih subur tampa kita menggunakan pupuk organik. Pekarangan rumah yang ukuran 4x 4 sekalipun itu sudah cukup untuk menghasilkan buah kacang tanah kalau hanya sekedar konsumsi keluarga. Ada beberapa langkah aeal ketika kita ingin berkebun dengan menanam sayuran atau tananaman kacang tanah antara lain ;
*    mulai dari pemilihan biji sebagai ibit kita memilih denga butiran kacang tanah yang kelihatan segar,ini memungkinkan agar nantinya kita punya bibit bebetul akan tumbuh sekitar 90 % bijinya, karena biji yang segar dan besar memungkinkan bibit yang tumbuh juga  memiliki pohon yang besar - besar. Namun sebelum biji kacang tanah di tanam terlebih dahulu direndam dengan air tercampur pestisida agar semut tidak mengganggu biji kacang ketika berada dalam tanah sampai tumbuh kepermukaan.
*    pola tanaman ditanah, tanah yang sudah dibuat gembur dengan tercampur beberapa penunjang tumbuhnya tanaman dibuat bedengan - bedengan kecil ukuran 15 cm lebarnya dibikin memanjang secara berbaris,kemudian setiap  permukaan bedengan dibuka lalu didiamkan 3 hari sambil sesekali disiram air secukupnya kemudian pada hari keempat baru dituruni biji kacang dengan jarak perbijinya 5 cm.
*     perawatan tanaman kacang tanah ketika sudah tumbuh kepermukaan tanah atau biji sudah berkecamba, tanaman cukup dijaga dari gangguan unggas kalau dekat rumah ada unggas, namun ketika tanaman sudah setinggi 10 cm perawatan mulai ringan karena tanaman ini tidak banyak hama yang menyerang diakar, cukup sesekali dilakukan penyiraman agar tanah terjaga kelembabannya.
Tanaman kacang tanah dengan buahnya
Jika kita menginginkan buah kacang tanah kelihatan bersih dan berisi banyak sebaiknya kita memilih tanah yang berpasir untuk dijadikan lahan tanam, karena kulit kacang tanah sangat berpengaruh dengan bentuk dan kondisi tanah tempatnya tumbuh. Tanah yang terlalu padat terkadang menghasilkan buah yang sedikit karena akar dan bakal buah dalam tanah susah untuk bebas berkembang, disamping kulit kacang tanah biasanya bintik - bintik hitam dipermukaan.

No comments:

Post a Comment