Tuesday, March 15, 2016

Menanam sayuran pare di media pot

Tanaman pare merupakan tanaman yang bisa tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah, jenis tanaman ini mempunyai buah yang permukaan kulut buahnya benjolan, namun ketika jenis sayuran ini diolah jadi sayuran keluarga  cukup lezat rasanya. Banyak orang melirik tanaman ini karena tanaman pare termasuk gampang tumbuh baik kita menggunakan media polybek maupun media pot, ataukah kita bisa melakukan penanaman ditanah langsung.walau jenis tanaman ini adalah jenis sayuran yang lezat namun ada beberapa kelompok masyarakat tidak menyukainya mungkin karena rasanya yang pahit.
Bibit tanaman pare
Jenis tanaman ini sangat cocok juga ditanam dimedia pot, hal ini karena dimedia ini kita bisa memakai tanah yang cukup gembur karena tanah murni bisa dicampur dengan pupuk kandang, sekang padi yang habis dibakar ketiganya dicampur hingga merata dan dimasukkan kedalam media pot lalu didiamkan hingga beberapa hari sambil sesekali disiram secukupnya agar tanahnya tetap lembab, setelah pot sudah siap ditanami biji yang kita  tanam dipot, datu pot bisa sampai 2 biji satu pot agar akar tanaman pare bisa leluasa menjalar dalam pot.Ada beberapa tips dalam menanam pare dipot adalah;
*     Bibit tanaman pare yang kita siapkan mesti dari buah pare yang benar - benar matang dengan warna buahnya merah orange dan mulai lembek atau mulai mau membusuk.
Biji dibersihkan dari selaput merah yang membungkusnya kemudian dijemur hingga kering, sebelum biji ditanam mesti direndam yang kita ambil sebagai bibit cuma yang tenggelam yang terapun dibuang.
*    Setelah media pot siap ditanami terlebih dahulu disiram permukaan tanahnya dengan air secukupnya, kemudian dilubangi untuk biji, setelah tanaman sudah selesai ditanami pot tersebut ditempatkan teratur dilahan yang kita inginkan, karena jenis tanaman ini sipat menjalar maka kita harus menyiapkan kayu atau ranting banbu sebagai tempat mengikat.
Buah pare putih
Tanaman pare yang sudah memasuki musim buah harus ditupup buahnya agar terhindar dari hama, apakah buah ditutup dengan daun pisang kering atau yang lain. Namun kalau tidak mau menutupnya tanaman pare ditutup jaring anti serangga disekitar tanaman pare,
Selamat mencoba riset kami,.

No comments:

Post a Comment